Transportasi Unik Dari Berbagai Negara

Posted on

Bagi para traveller, tiba di tempat tujuan dan menikmati gaya hidup masyarakat lokal dengan berbaur dan berbagi moda transportasi adalah hal yang layak untuk memperkaya pengalaman travelling. Bayangkan jika kamu tiba di suatu daerah, dan harus menaiki alat transportasi yang tak pernah kamu lihat di tempat asalmu. Tentu menaikinya menjadi suatu pengalaman yang sangat berkesan. Terkadang, alat transportasi lokal yang unik malah menjadi incaran para traveller untuk diabadikan, di unggah di sosmed atau mengisi vlog mereka. Alat transportasi apa sajakah itu?

  • Becak dari Indonesia

Bagi kita warga Indonesia yang sudah sering melihat becak sejak kecil, mungkin merasa tidak ada yang unik dari kendaraan ini. Tapi tahukah kamu? Transportasi unik dari Indonesia ini lumayan menjadi incaran para turis yang berkunjung ke negara kita. Di pulau jawa kita menemukan becak sepeda roda tiga yang dikayuh oleh seorang tukang becak dan penumpang berada di depan pengemudi.

Jika kamu berkunjung ke Medan dan daerah Sumatra, maka kamu akan menemukan becak motor yang lebih cepat dan dengan posisi penumpang sejajar dengan pengemudi. Ingin berkunjung ke Sumatera? Cari tiket pesawat online murah di travel online yang terpercaya.

  • Gondola, Venezia , Italia

Alat transportasi unik yang satu ini sudah sangat ikonik dengan kota romantis Venezia. Wanita mana yang tak ingin dilamar sambil naik gondola atau sekedar mendapat pernyataan cinta yang ditunggu-tunggu. Gondola adalah perahu dayung ikonik Venesia yang merupakan sarana transportasi selama berabad-abad yang sampai kini masih memegang peranan penting sebagai alat transportasi di kota ini dan kini menjadi daya tarik wisata.

Gondola digerakkan dengan tenaga pendayung yang disebut gondolier. Sebelum liburan, cek dulu harga tiket pesawat citilink hanya di Reservasi.com, disini kamu juga bisa temukan tiket pesawat online murah maskpai lain untuk berangkat ke tujuan favorit kamu

  • Monte Toboggan, Medeira, Portugal

Toboggan adalah sebutan untuk kereta salju sederhana yang biasa dipakai suku Innu dan Cree di kawasan subartik Kanada. Namun Monte Toboggan dari Medeira, Portugal sedikit berbeda. Jika bagi suku Innu dan Cree alat ini sering dipakai untuk mengangkut barang maka di Funchal, ibukota Medeira, Toboggan digunakan untuk menuruni bukit tanpa salju, yaitu dari tanjakan gereja Nossa Senhora de Monte menuju ke Livramento sejauh dua kilomerer.

Alat transportasi unik ini memang digunakan sebagai daya tarik turis asing. Penumpang akan didorong menuruni bukit oleh dua pria yang disebut ‘carreiros’ yang memakai seragam putih dan memakai topi jerami. Para ‘carreriros’ ini memakai sepatu khusus dengan sol karet untuk membantu mreka mengendalikan dan merem toboggan.

  • Cocotaxi, Vareriro Havana, Cuba

Sekilas mirip bajaj yang ada di Indonesia, namun cocotaxi yang ada di Vareriro, Havana memiliki bentuk yang lebih unik. Alat transportasi unik berwarna kuning ini memiliki tiga roda, dengan kursi supir di bagian depan dan satu kursi penumpang yang lebih panjang di bagian belakang yang biasa diduduki dua hingga tiga orang penumpang. Kap atas coco taxi sedikit terbuka di bagian depan dan kiri kanan badan taxi, body kendaraan terbuat dari fiber glass.

Disebut coco yang berarti coconut (kelapa) karena berwarna kuning dan berbentuk seperti kelapa namun tak semua cocotaxi berbentuk bundar, ada juga koko taxi dengan bentuk kotak. Pilihan transportasi unik ini banyak dipilih oleh turis untuk jarak dekat karena lebih efisien dan unik.

  • Kereta Api Maglev, Shanghai, China

Beralih ke alat transportasi unik nan futuristik di Shanghai yang disebut Maglev yang merupakan akronim dari Magnetically Levitatated Trains dan sesuai dengan namanya kereta api super cepat ini secara harviah melayang di atas relnya atau tidak menyentuh rel. Maglev dapat bergerak sekitar 500 km / jam atau 138,8 m/detik.

Sebagai perbandingan pesawat Boeing 777 mencapai kecepatan tertinggi sekitar 905 km /jam. Selain Shanghai, Jepang dan Jerman juga sudah menggunkan teknologi ini. Pengalaman naik kereta super cepat ini sangat layak untuk kamu coba.

  • Norrie (Bamboo train), Battambang, Kamboja

Norrie atau kereta bambu pertama kali muncul pada tahun 1980 yang terinspirasi dari gerobak kecil yang biasa digunakan pekerja untuk menggangkut barang. Alat transportasi unik ini sangat berguna di Battambang dimana banyak jalanan rusak dulunya sehingga kendaran seperti motor atau mobil sulit untuk melaluinya.

Pemanfaatan rel kereta yang sudah tidak dipakai untuk Norrie atau kereta bambu kini menjadi daya tarik wisata tersendiri ketika turis mengunjungi battambang, Kamboja, meluncur di atas kereta bambu sambil melihat pemandangan. Kini sudah tersedia semakin banyak rute yang bisa dilalui Norrie di Battambang.

  • Felucca, Sungai Nil, Mesir

Felucca adalah perahu layar tradisional di sungai Nil, Mesir yang terbuat dari kayu. Felucca dulunya merupakan alat ttransportasi utama di sungai nil dan alat transportasi unik dan eksotik kini tetap digunakan oleh turis maupun penduduk lokal untuk bersantai di musim panas dan menikmati hembusan angin dan pemandangan sungai nil.

Untuk menambah kenyamanan cek harga tiket pesawat citilink hanya di Reservasi.com dan temukan juga tiket pesawat online murah maskapai lainnya sesuai destinasi tujuan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *