6 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Traveling

Posted on

Foto: shutterstock

Selama traveling, smartphone adalah salah satu elemen yang tidak boleh tertinggal dan terlupakan sama sekali. Pasalnya, smartphone amat sangat membantu kita hampir di setiap aktivitas selama traveling.

Mulai dari membantu mencari alamat, mencari apapun info yang kita butuhkan di internet, menjadi peta digital, pengingat, to do list, hingga yang paling hakiki adalah untuk mengambil foto dan membuat video perjalanan yang ciamik.

Tapi, kalau baterai smartphone tiba – tiba habis saat kamu butuhkan bisa kena serangan panik mendadak. Apalagi kalau skenarionya adalah kamu tidak bawa charger, atau kamu bawa charger tapi tidak ada tempat colokan listrik tersedia di tempat kamu sedang berada.

Nah, untuk mengantisipasinya kamu harus menghemat baterai smartphone kamu sebisa mungkin selama traveling. Apalagi kalau kiranya kamu dalam perjalanan jauh menuju tempat yang asing dan tidak ada colokan listrik selama perjalanan. Bisa gawatkan kalau mencari alamat dan ingin menghubungi teman atau kenalan, tapi smartphone kamu mati.

Karena itu, penting sekali bagi kamu untuk menghemat daya hidup baterai kamu. Bingung caranya gimana? Jangan khawatir, berikut ini adalah cara – cara untuk menghemat baterai smartphone selama traveling.

1. Tidak bermain game sepanjang perjalanan

Tentu sudah jadi rahasia umumkan kalau game itu amat sangat cepat menguras daya baterai di smartphone. Kalau memang di sekitar kamu tidak ada sumber listrik untukmencolok atau men-charge smartphone, ya baiknya ditahan dulu mainnya.

Dari pada repot dan panik smartphone mati dan nanti tidak bisa membantu kamu cariin formasi, lebih baik cari kesibukan lain selama perjalanan, mendengarkan ipod atau pun baca buku misalnya.

Atau sekarang kan ada buku mewarnai untuk dewasa atau adult coloring book. Nah, yang seperti itu juga bisa jadi pilihan. Mengobrol bersama dengan penumpang di sebelah kamu juga patut dicoba. Selain bisa menambah wawasan, bisa juga menambah pengalaman dan relasi baru.

2. Matikan mode wifi sepanjang perjalanan

Tahukah kamu? Mode wifi itu sangat menguras daya baterai. Apalagi kalau kamu tak kunjung mendapatkan sinyal wifi. Kenapa? Karena smartphone akan terus mencari sinyal dan selama proses pencarian tersebut akan terus menyedot daya baterai.

Memang, menyalakan mode wifi seharian bisa juga memudahkan kamu ketika menemukan sinyal maka akan langsung terhubung. Tapi, perlu diingat kalau memang proses itu sangatlah menguras energi baterai.

Kalau kamu sedang dalam perjalanan jauh misal seperti di kereta atau di bus, kamu harus pastikan apakah ada colokan listrik atau tidak. Kalau tidak ada, ya meskipun di kereta atau bus tersebut disediakan WIFI baiknya tak digunakan dulu demi kemudahan saat sampai di tempat tujuan nanti.

3. Selalu tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan

Saat sebuah aplikasi dibuka, ia akan terus menyedot daya baterai karena mesin prosesor smartphone akan tetap berjalan running aplikasi tersebut. Makanya, seringkan melihat fitur close all apps di smartphone, itulah gunanya, supaya menghemat baterai.

Lagipula, selain untuk membuat baterai lebih awet, menutup semua aplikasi yang sudah tidak digunakan juga berguna untuk menambah kecepatan proses smartphone karena si mesin prosesor tidak perlu terus berjalan pada aplikasi yang sudah tidak digunakan.

4. Matikan auto update

Fitur auto update di smartphone juga tak kalah penting ketika memegang peran dalam hal menghabiskan daya baterai. Kalau baterai smartphone kesayangan kamu sudah “sekarat” ada baiknya kamu cek semua aplikasi dan matikan fitur auto update nya.

Lagipula, kalau aplikasinya tidak terlalau perlu dan penting, auto update ini cukup menguras data internet juga. Nah, makanya auto update ada baiknya dimatikan. Bukan cuma demi menghemat daya baterai, tapi juga data internet yang kadang sering kita sayangi kalau sedang di luar negeri.

5. Nyalakan mode battery saving

Mode ini diciptakan di setiap smartphone bukan tanpa alasan, lho. Saat smartphone pada akhirnya mengalami low battery, beberapa kadang secara otomatis akan mengubah langsung ke mode battery saving.

Namun, ada juga yang perlu dinyalakan secara manual. Mode ini biasanya akan kamu temukan di Settings di bagian General.

6. Mengurangi tingkat teranglayar

Tingkat terang atau brightness pada layar ternyata cukup berpengaruh dalam hal pengurangan daya baterai. Semakin terang layar akan semakin membutuhkan daya dari baterai. Nah, untuk menguranginya, cukup kurangi hingga 30%. Dengan begitu, daya baterai yang tersedot juga tidak terlalu banyak dan kamu bisa menghemat baterai smartphone untuk waktu yang lebih lama.

Nah, kalau kamu sudah melakukan 6 langkah tadi dan baterai smartphone kamu tidak terselamatkan alias mati, tinggal cari penginapan terdekat dan pesan hotel murah. Tinggal bandingkan harga hotel terbaik di Reservasi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *